Monday 2 February 2015

Perbedaan LAN dengan WiFi Wireless

       Kali ini saya akan membahas perbedaan LAN dengan WiFi berkabel (WLAN) langsung saja kita masuk ke topik pembahasan.
LAN dengan WLAN berbeda tetapi hampir sama/mirip yang membedakan mereka adalah antaara berkabel dan Wirelesnya, bedanya antara lain adalah :



1. Instalasi

Lan memerlukan aplikasi tambahan dan harus menseting IPnya. Jika wifi aplikasinya sudah di sediakan di Windows jadi tudak membutuhkan Aplikasi tambahan.

2. Jarak / Jangkauan

Sinyal Wifi dapat di jangkau dengan jauh karena memiliki settingan pada software maupun hardwarenya, jika LAN hanya dapat di jangkau jauh jika menggunakan kabel yang panjang atau menempuh jangkau yang dituju.

3.Kecepatan

LAN lebih cepat dari Wifi LAN memiliki kecepatan 1000 mb/s, sedangkan Wifi memiliki kecepatan Max. 10 Mb/s. Mengapa LAN memiliki kecepatan yang tinggi, karena LAN menggunakan Kabel jadi lebih memungkinkan kecepatan yang sangat tinggi hingga kecepatan maximal pun LAN sanggup mencapainya.

4. Kestabilan Koneksi

LAN lebih stabil dari pada Wifi, karena LAN hanya sedikit kemungkinan mengalami interrensi data/gangguan data. Dibandingkan dengan Wifi yang sering mengalami gangguan.

5.Biaya

Yang selanjutnya biaya, Dari segi biaya LAN relatif lebih murah dibanding dengan Wifi, tergantung pada merek dan fasilitas yang ditawarkan disetiap bagian komponen jaringan. Selain itu penurunan kualitas komponen-komponen jaringan yang ada dipasarang yang ada di pasaran yang membuat kita harus selektif dalam memilihnya.

6.Bahan

Bahan yang dibutuhkan LAN adalah Kabel, Hub, dan lain-lain, sedangkan Wifi membutuhkan Router, Wifi Card, Repeater, dll.

7. Kemanan Jaringan

Dari segi kemanan LAN lebih aman dibandingkan Wifi, karena LAN menggunakan Kabel jadi setiap PC terhubung lewat kabel, Di bandingkan dengan Wifi, Wifi kurang terjamin kemanannya karena dia menggunakan Wireless jadi seakan Wifi itu bisa dimasuki virus atau di Hack.

Mungkin hanya sekian pembahasan dari saya Terimakasih, sampai bertemu di Postingan selanjutnya.